Kabupaten Tana Tidung


Tujuan penataan ruang wilayah Kabupaten Tana Tidung 20 tahun kedepan, yaitu: “Untuk Mewujudkan Kabupaten Tana Tidung Sebagai Sentra Agroindustri, Pertanian, dan Perikanan Berbasis Masyarakat”.

Kebijakan penataan ruang wilayah kabupaten adalah arahan pengembangan wilayah yang ditetapkan oleh pemerintah daerah kabupaten guna mencapai tujuan penataan ruang wilayah kabupaten dalam kurun waktu 20 (dua puluh) tahun.

Dengan rangka pencapaian tujuan penataan ruang wilayah kabupaten, maka rumusan kebijakan penataan ruang Kabupaten Tana Tidung adalah sebagai berikut:

  1. Pengoptimalan pemanfaatan potensi agroindustri, perdagangan dan pertanian dalam rangka mendorong perbaikan kualitas kehidupan masyarakat;
  2. Penataan lahan pertanian lahan basah serta meningkatkan produktivitas pertanian;
  3. Pemantapan pemanfaatan ruang kawasan lindung sesuai dengan fungsinya;
  4. Pengelolaan wilayah pesisir dan laut dengan pendekatan keterpaduan ekosistem; sumberdaya, dan kegiatan pembangunan berkelanjutan;
  5. Pengembangan sistem jaringan prasarana wilayah; dan
  6. Pengoptimalan potensi lahan budidaya dan sumberdaya alam yang mendorong; pertumbuhan sosial ekonomi pada wilayah belum berkembang.

Sebagai turunan dari rumusan kebijakan penataan ruang yang dijabarkan secara lebih operasional, maka strategi penataan ruang Kabupaten Tana Tidung adalah sebagai berikut:

Pengoptimalan pemanfaatan potensi agroindustri, perdagangan dan pertanian dalam rangka mendorong perbaikan kualitas kehidupan masyarakat dengan strategi meliputi:
Penataan lahan pertanian lahan basah serta meningkatkan produktivitas pertanian dengan strategi meliputi:
Pemantapan pemanfaatan ruang kawasan lindung sesuai dengan fungsinya dengan strategi meliputi:
Pengelolaan wilayah pesisir dan laut dengan pendekatan keterpaduan ekosistem, sumberdaya dan kegiatan pembangunan berkelanjutan dengan strategi meliputi:
Pengembangan sistem jaringan prasarana wilayah dengan strategi meliputi:
Pengoptimalan potensi lahan budidaya dan sumberdaya alam yang mendorong pertumbuhan sosial ekonomi di wilayah belum berkembang dengan strategi meliputi:
Strategi untuk peningkatan fungsi kawasan untuk pertahanan dan keamanan negara meliputi :