Kabupaten Malinau


Tujuan penataan ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Malinau adalah mewujudkan masyarakat Malinau yang sejahtera dan mandiri dengan membangun Malinau yang aman, nyaman, produktif, maju, bersinergis dan berdaya saing serta berkelanjutan melalui pemanfatan fungsi ruang dan sumber daya alam potensial secara terpadu, serasi dan lestari berbasis pertanian dan perkebunan.

Tujuan penataan ruang ini adalah untuk mewujudkan sasaran yakni masyarakat Malinau yang sejahtera dan mandiri. Agar sasaran tersebut dapat terwujud, maka Kabupaten Malinau harus dibangun menjadi kabupaten yang aman, nyaman, produktif, maju, bersinergis dan berdaya saing dengan mengelola seluruh sumberdaya alam yang potensial secara bijaksana. Karena itu, pengelolaan sumberdaya alam yang potensial tersebut perlu dilakukan secara terpadu, serasi dan berkelanjutan serta memperhatikan kelestarian lingkungan yang berbasiskan pertanian dan perkebunan.

Kebijakan penataan ruang wilayah dilakukan dalam rangka pengembangan struktur ruang dan pola ruang wilayah agar tujuan penataan ruang wilayah Kabupaten Malinau dapat tercapai. Kebijakan penataan ruang wilayah Kabupaten Malinau adalah:

  1. Pembangunan wilayah melalui pengembangan sumberdaya manusia dan pemanfaatan kemajuan teknologi;
  2. Pengembangan pusat-pusat permukiman dan pusat-pusat kegiatan serta membuka keterisolasian kawasan perbatasan dan pedalaman dengan berwawasan lingkungan melalui pembangunan jaringan prasarana wilayah;
  3. Pengembangan pertanian dan perkebunan serta industri pengolahannya sebagai penghasil utama komoditas unggulan kabupaten;
  4. Pengelolaan sumberdaya hutan dan pertambangan serta sumberdaya alam potensial lainnya dengan memperhatikan daya dukung lingkungan;
  5. Pemantapan peran dan fungsi kawasan lindung sebagai kawasan penyangga dan penyeimbang ekosistem wilayah; dan
  6. Peningkatan fungsi kawasan untuk pertahanan dan keamanan negara.

Strategi penataan ruang wilayah dirumuskan menurut masing-masing kebijakan penataan ruang dalam rangka mewujudkan tujuan penataan ruang wilayah Kabupaten Malinau:

Strategi dalam mewujudkan kebijakan pembangunan wilayah melalui pengembangan sumberdaya manusia dan pemanfaatan teknologi, adalah :
Strategi dalam mewujudkan kebijakan pengembangan pusat-pusat permukiman dan pusat-pusat kegiatan serta membuka keterisolasian kawasan perbatasan dan pedalaman dengan berwawasan lingkungan melalui pembangunan jaringan prasarana wilayah, adalah :
Strategi dalam mewujudkan kebijakan pengembangan pertanian dan perkebunan serta industri pengolahannya sebagai penghasil utama komoditas unggulan kabupaten, adalah :
D. Strategi dalam mewujudkan pengelolaan sumberdaya hutan dan pertambangan serta sumberdaya alam potensial lainnya dengan memperhatikan daya dukung lingkungan, adalah :
Strategi dalam mewujudkan pemantapkan peran dan fungsi kawasan lindung sebagai kawasan penyangga dan penyeimbang ekosistem wilayah, adalah :
Strategi dalam mewujudkan peningkatan fungsi kawasan untuk pertahanan dan keamanan negara, adalah :