Kabupaten Tana Tidung


Geografi

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2007, berisi tentang Pembentukan Kabupaten Tana Tidung di Provinsi Kalimantan Utara. Wilayah Kabupaten Tana Tidung berasal dari sebagian wilayah Kabupaten Bulungan yang terdiri atas: Kecamatan Sesayap, Sesayap Hilir, dan Tana Lia. Tahun 2012, diterbitkan peraturan daerah Nomor 10 Tahun 2012, Tentang Pembentukan Kecamatan Muruk Rian dan Betayau. Dalam tahun yang sama, juga dilakukan pemekan 6 desa baru, sehingga saat ini sudah terdapat 5 Kecamatan dan 29 desa di Kabupaten Tana Tidung.

Batas Kabupaten Tana Tidung; sebelah utara dengan Kabupaten Nunukan, sebelah timur dengan laut Sulawesi, Kabupaten Bulungan, dan Kota Tarakan, sebelah selatan dengan Kabupaten Bulungan dan sebelah barat dengan Kabupaten Malinau.

Iklim

Data iklim yang disajikan berasal dari Stasiun Meteorologi Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan. Hal ini dikarenakan di Kabupaten Tana Tidung belum terdapat stasiun meteorologi yang memberikan informasi klimatologi. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di Stasiun Meteorologi Tanjung Selor pada tahun 2013 mengalami musim hujan sepanjang tahun dengan rata-rata curah hujan 263 mm dengan rata-rata hari hujan per bulan 21 hari. Untuk penyinaran matahari rata-rata 51 persen.

Rata-rata suhu udara sepanjang tahun 2013 adalah 27,40C yang berkisar antara 24,10C � 32,80C . Untuk kelembaban udara tercatat relatif tinggi berkisar antara 53 persen sampai dengan 98 persen dengan rata-rata 84 persen.