Kabupaten Malinau


Geografi

Kecamatan Malinau Kota merupakan salah satu dari 12 kecamatan di wilayah Kabupaten Malinau dengan batas-batas sebagai berikut, sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Malinau Utara, sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Kabupaten KTT dan sebelah barat dengan Kecamatan Malinau Barat. Kecamatan yang luasnya 122,92 Km2 ini dialiri oleh sungai Sesayap dengan panjang 548 Km dengan 3 sub sungai yaitu Sungai Malinau, Sunagi Bengalun dan Sungai Sesayap Ilir. Kecamatan Malinau Kota tidak mempunyai garis pantai, tapi sebagian warga terutama di desa Malinau Kota dan desa Malinau Hulu mempunyai rumah di bantaran sungai. Topografi wilayahnya hampir seluruhnya merupakan daerah dataran rendah.

Tinggi wilayah kecamatan Malinau Kota diatas permukaan laut (DPL) adalah 62,0 m. Selain sungai, terdapat 4 gunung yang ada di Kecamatan Malinau Kota yaitu gunung Rian, gunung Penjekulu, gunung Batu Bengalun dan gunung Klawit.

Iklim

Saat ini kondisi iklim di Kecamatan Malinau Kota masih sama dengan kondisi iklim wilayah kecamatan lainnya di Kabupaten Malinau yaitu musim hujan dan musim kemarau. Intensitas curah hujan yang cukup tinggi serta ketinggian daerah yang rendah membuat Kecamatan Malinau Kota mengalami banjir di beberapa desa pada tahun 2013.