Lokakarya Perencanaan GIZ FORCLIME 2017

Diposting pada : Kamis, 16 Februari 2017 - 12:29:01

Oleh : Simtaru1

Program Hutan dan Perubahan Iklim (Forest and Climate Change Program) module TC (Bantuan Teknis) merupakan kerjasama bilateral pemerintah Republik Federal  Jerman dan Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan GIZ.  Proyek ini berlangsung dalam 3 fase yakni Fase 1: 2009-2012; Fase 2: 2012-2016 dan Fase 3: 2017-2019(2020) . 

Tujuan utama program ini adalah mendukung pemerintah Indonesia dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari sektor Kehutanan melalui pengelolaan hutan lestari dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar hutan melalui pengembangan kebijakan, dukungan pembangunan KPH, Perhutanan Sosial, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan lain sebagainya.

Proyek diimplementasikan pada tingkat nasional dan daerah terpilih. Pada phase 2 daerah yang ditetapkan sebagai wilayah kerja FORCLIME adalah Kabupaten Berau di Kalimantan Timur, Kabupaten Malinau di Kalimantan Utara dan Kabupaten Kapuas Hulu di Kalimantan Barat.  Dukungan pada tiga Kabupaten ini akan tetap menjadi “core” kegiatan FORCLIME, namun demikian mengingat dinamika perubahan kewenangan pengelolaan hutan sesuai dengan UU 23/2014 kordinasi kegiatan dilakukan pada tingkat provinsi.

Untuk kepentingan menyelaraskan  proyek ini dengan arah pembangunan kehutanan pada tingkat daerah sesuai dengan acuan kerjasama yang sudah ditandatangani oleh pemerintah Indonesia dan pemerintah Jerman, dilakukan perencanaan bersama dalam bentuk Workshop/Lokakarya Perencanaan yang melibatkan para pihak terkait di wilayah kerja.

Lokakarya Perencanaan GIZ FORCLIME 2017 diselenggarakan Kamis, 16 Februari 2017 di Tanjung Selor, Kalimantan Utara, bertujuan menyamakan persepsi dan menyusun prioritas kegiatan proyek untuk fase ke 3 (2017-2019) dan Rencana Kegiatan Tahun 2017. Lokakarya dihadiri oleh Bappeda Provinsi Kaltara, GIZ Forclime, Dinas Kehutanan Prov Kaltara, Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kaltara, KPH se-Prov. Kaltara, Balai Taman Nasional Kayan Mentarang dan WWF Indonesia.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bappeda Prov. Kalimantan Utara Ir. Fredrick Ellia Gugkang, MA yang selanjutnya penyampaian pengantar kegiatan dan program oleh Program Director GIZ FORCLIME Mr. Georg Buchholz. Dilanjutkan dengan Pemaparan Pembangunan Data Geospasial dan Pemanfaatannya dari Bappeda Prov. Kaltara, Perkembangan Kelembagaan UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan oleh Dinas Kehutanan Prov. Kaltara dan Pemaparan Perkembangan KPH Malinau oleh Kepala KPH Malinau.

Diskusi perencanaan dan penyelarasan program dipandu oleh Provincial Coordinator GIZ FORCLIME Bapak Tunggul Butar Butar dan Human Capacity Development Manager Bapak Edy Marbyanto. Kegiatan yang berlangsung selama 1 (satu) hari ini menghasilkan rencana kegiatan dan target capaian program GIZ FORCLIME di Tahun 2017. (Simtaru1)